Website: Informasi YIARI

Nama Proyek: Reintroduksi Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) Untuk Mendukung Upaya Konservasi Keanekaragaman Hayati di Resort Mentatai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat.

Dukungan Program: Program Investasi Strategis

Lokasi: Kab. Malawi, Kec manukung Desa/kampung Mawang Menetatai dan Nusa Poring

Waktu Pelaksanaan: 1 Maret 2017 – 29 Februari 2020

Capaian kegiatan

Gambaran Proyek:

Proyek ini merupkan upaya untuk menstabilkan populasi orangutan di TNBBBR (Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya) dengan mereintroduksi orangutan yang telah direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan di Kabupaten Ketapang yang dikelola oleh YIARI bersama BKSDA Kalimantan Barat.  Serta berupaya untuk memberdayakan lembaga pengelola TNBBBR, masyarakat dan pemangku kepentingan TNBBBR untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan TNBBBR, dengan  memperbaiki kualitas tutupan lahan di dalam dan sekitar TNBBBR untuk meningkatkan kualitas ekosistem, keanekaragaman hayati serta memfasilitasi pemanfaatan TNBBBR secara lestari bagi masyarakat sekitar kawasan.  Proyek ini akan dilakukan di Kab Malawi, Kec Manukung Desa Mawang Mentatai dan  Nusa Poring.

Analisa Dampak Lingkungan:

Proyek ini dihaparkan mampu untuk menstabilisasi populasi orangutan sebagai spesies payung di Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai salah satu kawasa Heart of Borneo Indonesia dengan program Population Reinforment sesuai IUCN guidelines untuk Great Ape Reintroduction, melalui pelepasliaran orangutan di Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Proyek ini diharapkan mampu mendapatkan dukungan masyarakat terhadap Konservasi Orangutan,  dengan mendorong pengelolaan habitat alamnya secara berkelanjutan.


Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dewan Pengawas    

klhksm  usaid  logo-nature-notagline   wwf