Terluas Di Kalimantan, Apa Saja Isi Bentang Alam Karst Sangkulirang-Mangkalihat ?

Terluas di Kalimantan, apa saja isi Bentang Alam Karst Sangkulirang-Mangkalihat ?

Terluas di Kalimantan, apa saja isi Bentang Alam Karst Sangkulirang-Mangkalihat ?

15-10-2018/TFCA Kalimantan/TFCAKalimantan,Karst,Sangkulirang,Mangkalihat,Goa

Membentang dari Berau hingga Kutai Timur, Karst Sangkulirang - Mangkalihat merupakan bentang karst terluas di Kalimantan, bahkan salah satu yang terluas di Indonesia. Kawasan karst tersebut terbagi ke dalam beberapa blok dari wilayah pesisir hingga jauh ke arah hulu dengan luas indikatif menurut Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 67 Tahun 2012 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Karst Sangkulirang-Mangkalihat di Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Timur seluas 362.706,11 hektar.

Kawasan karst telah lama dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai lokasi hunian, pemungutan sarang burung walet, dan sumber air bersih. Kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat bagian hulu menjadi pemasok kebutuhan air sungai-sungai besar di Semenanjung Mangkalihat, antara lain: Sungai Bengalon, Sungai Kelay, dan Sungai Sangkulirang. Sungai-sungai besar tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air bersih, prasarana transportasi, dan lokasi berburu.

Selain fakta-fakta di atas, tahukah anda nilai-nilai penting apa lagi yang terdapat di dalam Karst Sangkulirang - Mangkalihat? Ingin tahu jawabannya? Silakan unduh dokumen ini.

Dokumen Terkait