Tindaklanjut Rencana Aksi Darurat Badak Sumatera Di Kalimantan

 Tindaklanjut Rencana Aksi Darurat Badak Sumatera di Kalimantan

Tindaklanjut Rencana Aksi Darurat Badak Sumatera di Kalimantan

01-02-2019/TFCA Kalimantan/Rencana AKsi Darurat,Badak Sumatera,Penyelamatan P

Populasi badak sumatera di Sumatera dan Kalimantan saat ini dalam keadaan sangat kritis, dan menghadapi risiko kepunahan yang sangat tinggi. Jika tidak ada aksi darurat yang cukup revolusioner, maka badak sumatera diperkirakan akan punah dalam waktu kurang dari 10 tahun. Saat ini populasi badak Sumatera terpencar di beberapa bentang alam di Leuser Timur, Leuser Barat, Bukit Barisan Selatan dan Way Kambas di Pulau Sumatera serta di Kutai Barat dan Mahakam Ulu di Kalimantan. 


Populasi di masing – masing bentang alam Leuser Timur, Bukit Barisan Selatan, Way Kambas, Kutai Barat dan Mahakam Ulu saat ini diperkirakan kurang dari 15 individu yang potensial bereproduksi (REF). Kepadatan populasi rendah dengan laju perkembangbiakan yang rendah mengakibatkan populasi badak semakin terancam. Disisi lain kehilangan habitat, tingginya tingkat perburuan liar yang didorong oleh meningkatnya perdagangan cula menambah keterancaman populasi badak sumatera di alam.


Tujuan Rencana Aksi Darurat (RAD) ini adalah untuk menyelamatkan badak sumatera di Sumatera (Leuser, Barisan Selatan dan Way Kambas) dan di Kalimantan Timur (Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu) melalui upaya penggabungan badak-badak yang terisolasi dengan menempatkannya ke dalam sarana conservation breeding untuk penambahan jumlah individu-individu badak baru yang kelak di kemudian hari akan dilepasliarkan kembali (re-introduksi) ke habitat alaminya, serta pembangunan dan pengelolaan suaka perlindungan badak di Sumatera dan Kalimantan sebagai upaya melestarikan jenis badak sumatera.


Menindaklanjuti dari Rencana Aksi Darurat (RAD) penyelamatan populasi badak Sumatera di Kalimantan (2018-2021). BPEE-KSDAE akan melakukan pembahasan lebihlanjut dengan lembaga-lembaga terkait (Tim Penyelamatan Badak)  termasuk TFCA Kalimantan terhadap perlindungan kawasan sanctuary Badak Sumatera di Kalimantan.


Dokumen Terkait