Di luar tiga wilayah kabupaten sasaran, TFCA Kalimantan akan mendukung program strategis di wilayah lain di Indonesia, khususnya di Kalimantan. Prioritas akan mencakup perbaikan kondisi pemungkin di tingkat provinsi dan mereplikasi strategi efektif yang digunakan program tingkat kabupaten ke wilayah lain di Kalimantan. Selain itu, tetap terdapat peluang bagi proyek-proyek lain yang memberikan kontribusi unik dan substansial bagi tujuan TFCA.

TFCA Kalimantan akan mendukung program investasi strategis diluar Kabupaten target dengan tema dan geografis sebagai berikut: Konservasi spesies yang dilindungi meliputi: Kegiatan konservasi habitat orang utan berbasis masyarakat di Taman Nasional Gunung Palung Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, konservasi bekantan dan pesut di sekitar kawasan ekosistem mangrove Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat dan Delta Mahakam Kalimantan Timur, serta konservasi Pigmy Elephant di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

TFCA Kalimantan akan mendukung studi untuk mengungkap berbagai aksi kejahatan terhadap satwa liar khususnya di Kalimantan. Studi ancaman keberadaan Satwa Liar dari praktek-praktek kriminalitas (wildlife crimes) tidak terbatas pada — perdagangan, perburuan, dan perambahan kawasan yang menjadi habitat satwa liar dilindungi tersebut. Pengelolaan hutan dan sumberdaya alam bersama masyarakat (PHBM) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur termasuk pengelolaan Karst.


Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dewan Pengawas    

klhksm  usaid  logo-nature-notagline   wwf